“NQ Family Guardian” : Salah Satu Apps Parenting Control

Aplikasi Mobile “parenting Control” saat ini memang  sudah cukup banyak dikembangkan untuk dapat digunakan di beberapa operating sistem mobile. Tergantung setiap orang tua memilihnya untuk digunakan dalam mengamankan dan megawasi anak dalam memanfaatkan smartphone.

Salah satu aplikasi yang sudah teruji dan memiliki fitur yang cukup lengkap dan terkemuka saat ini adalah NQ Family Guardian.  Aplikasi ini diperkenalkan oleh Indosat dalam kegiatan “Workshop Parenting Control”, yang diselenggarakan di Gedung Indosat, Jakarta, pada Sabtu, 7 Desember 2013.

Kegiatan “Workshop Parenting Control”  ini terselenggara atas kerjasama KOWANI (Kongres Wanita Indonesia) dan IDKITA Kompasiana dengan dukungan PT Indosat dan di buka secara langsung oleh Ketua Umum KOWANI, Ibu Dewi Motik.

Inilah aplikasi yang direkomendasi oleh Indosat sebagai kepedulian mereka terhadap masalah penyalahgunaan Smart Phone di kalangan anak dan remaja. Indosat telah melakukan kerjasama dengan NQ Mobile untuk memberikan harga berlangganan aplikasi ini dengan harga yang murah bagi pelangganan Indosat (tentunya yang dgunakan pada smartphone anak), yaitu Rp. 5.000/bulan per smartphone.  Untuk operator lain dikenakan biaya US $ 4,99 per bulan atau US $ 34.99/tahun untuk setiap smartphone yang dipasang aplikasi ini.

Bagi pengguna android, jika anda ingin mencoba aplikasi ini, diberikan waktu selama satu bulan untuk mencobanya.

Dalam paparanya, nara sumber Indosat, Ibu Ine,  menerangkan beberapa fitur yang menjadi kelebihan aplikasi ini.

Mengantur dan Memomonitor Panggilan dan Pesan pada smart phone anak.

    1. Anda dapat memblokir nomor-nomor telepon tertentu baik yang telah ada di Contact list, Call/Messages  history maupun memasukan nomor yang diinginkan secara manual.
    2. Anda dapat memantau telepon masuk dan keluar
    3. Anda dapat membaca pesan teks yang dikirim maupun di terima sang anak.
    4. Anda dapat menentukan kapan waktunya anak dapat menggunakan fungsi telepon dan sms. Dalam hal ini orang tua dapat mengatur jadwal dimana anak dapat melakukan dan merima telepon dan kapan saja mereka dapat merima dan mengirimkan  SMS.
Baja Juga :  Makan tidak Makan yang Penting Bisa Ngenet

Memantau Lokasi Anak Anda

    1. Anda dapat memantua lokasi anak secara real time
    2. Anda dapat memeriksa history lokasi mana saja yang pernah dikunjungi anak (tracking history)
    3. Anda dapat meminta lokasi anak saat ini  dengan meminta menekan tombol Check-in (anda dapat menerima pesan lokasi melalui HP anda juga, sebelum membuka peta lokasi)
    4. Anda dapat menerima panggilan emergency ketika anak menekan tombol Panic jika sesuatu terjadi pada mereka  (anda dapat menerima pesan lokasi melalui HP anda juga, sebelum membuka peta lokasi)

Memantau Album Foto (Camera) Anak

Kapan saja anda memeriksa foto atau gambar yang disimpan oleh anak anda ketika mereka mengambil foto/gambar tersebut menggunakan kamera pada smartphone.

Memantau dan Mengatur Keamanan Anak Dalam Berselancar

    1. Menentukan aplikasi web browser yang dizinkan
    2. Memantau web browser history anak anda
    3. Memblokir kategori website menggunakan web Filter yang sudah disediakan
    4. Memblokir alamat web tertentu secara manual

Mengatur Aplikasi Mobile yang Aman untuk Anak

    1. Menentukan aplikasi mana saja yang boleh digunakan oleh anak
    2. Memblokir aplikasi yang anda rasa “berbahaya” atau tidak perlu digunakan oleh anak
    3. Membatasi atau mencegah anak menambah aplikasi barua pada smartphone anak

Proses Install

    1. Download NQ Family Guardian pada Smartphone Anak
    2. Ikuti proses aktivasi secara bertahap.
    3. Pada saat mendaftar akan diminta email dan password, dapat didaftar langsung saat mengikuti langkah demi langkah yang ada saat menginstall pada smartphone anak,  atau mendaftarkan diri terleih dulu melalui https://family.nq.com/user/register.do (setelah mendaftar email orang tua harus di verifikasi)
    4. Setelah berhasil membuat akun dan login pada smartphone anak, akan diminta no telepon orang tua menerima beberapa notifikasi jika anak menekan tombol check in atau panic
Baja Juga :  Parental Controls: Mengatur Restrictions Pada Smartphone IOS

Bagaimana Orang Tua Memantau Aktivitas Anak?

Laporan aktvitas dan monitoring yang dijelaskan di atas berbasis web, dapat diakses melalui alamat https://family.nq.com/loginForm.do dengan terlebih dahulu memasukan alamat email dan password yang telah di buat.  Melalui web ini juga, orang tua dapat merubah perubahan pengaturan (setting) tanpa harus dilakukan pada smartphone anaknya.

Apakah Anak dapat Uninstall Aplikasi ini?

Sesuai prosedurnya, jika anak ingin membuang aplikasi ini dari smartphonenya, dia harus memasukan alamat email dan password orang tua sesuai proses pendaftaran di atas. Walau demikian banyak cara yang dapat dilakukan anak, agar tidak terawasi oleh orang tua. Oleh karena itu menurut mas Valentino , sebagai nara sumber IDKITA Kompasiana sebaiknya anak diberitahu alasan mengapa aplikasi ini dipasang oleh orang tua. Perlu dilakukan komunikasi yang baik antara orang tua dan anak. untuk melakukan pengaturan fitur disesuaikan dengan usia anak, seperti juga disediakan oleh Aplikasi ini untuk beberapa kelompok usia.

Tidak semua fitur harus diaktifkan, namun semua ini dikembalikan ke orang tua,  karena terdapat beberapa fitur yang memang diperlukan seperti tombol panic atau check in untuk melaporkan posisi anak secara real time

Mas Valentino juga menambahkan, bahwa aplikasi seperti ini dapat saja disalahgunakan oleh orang dewasa didalam melakukan penyadapan terhadap orang dewasa lainnya. Oleh karena itu, beliau mengingatkan untuk memanfaatkan aplikasi yang sejenis, peting untuk memperhatikan hukum yang berlaku di Indonesia, antara lain penyadapan dan hak-hak privasi.

Penanganan Anak yang Bermasalah dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Selian membahas soal Aplikasi Parenting Control, kegiatan ini juga mendatangkan dua orang Psikolog,  asisten Dr. Inneke, yaitu Bapak Yeremia dan Bapak Bayu.  Mereka berdua memaparkan beberapa hal yang terkait dengan masalah kecanduan smartphone pada anak dan remaja, dimana terungkap (menurut penelitian mereka), anak perempuan justeru lebih kecanduan daripada anak laki-laki..

Baja Juga :  Apa Saja yang Perlu Anda Ketahui Tentang Internet of Things

Dijelaskan pula pengaruh pornografi terhadap tumbuh kembang anak, dan beberapa cara penanganan anak dan remaja yang bermasalah dengan penyalahgunaan internet pada khususnya.

***

Menanggapi pelaksaaan kegiatan ini, KOWANI (Kongres Wanita Indonesia), akan melakukan kegiatan yang sama dalam waktu dekat ini dan akan menghimpun lebih banyak lagi orang tua yang peduli tentang pemanfaatan Teknologi Informasi dan Kommunikasi (TIK) di Indonesia, baik dalam mencegah penyalahgunaannya maupun untuk dapat dimanfaatkan secara cerdas, kreatif dan produktif seperti yang telah dicanangkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Ilustrasi (family.nq.com)

*Ditayangkan di Kompasiana, pada tanggal 09 December 2013 | 00:13

Choose your Reaction!