Rapat Teknis IDkita Dalam Rangka Hari Ibu Nasional 2012

Dalam beberapa hari, bahkan minggu ini, bisa dikatakan kegiatan di wall grup IDkita terlihat sepi. Bukan karena sedang ada test atau menjelang liburan. Namun lebih pada kesibukan dari para penggerak pusat, dimana semua konsentrasi sedang terpusat untuk acara yang sebentar lagi akan digelar.

Di grup terlihat sepi dan adem ayem, namun sebetulnya saat ini sedang terjadi penggodokan koordinasi dan diskusi demi terlaksananya acara tersebut.

Seperti sudah disebutkan oleh Mbak Christie dalam tulisan di sini, bahwa IDkita berkolaborasi dengan Kementrian Komunikasi dan Informasi dan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, akan mengadakan Seminar Nasional dalam rangka Hari Ibu Nasional 2012.

Seminar yang mengambil tema “Peran Ibu di Era Digital” ini memang menitikberatkan pada porsi Ibu pada peranannya dalam keluarga di era digital ini. Dihadiri undangan para istri gubernur se-Indonesia dan undangan lainnya, Seminar akan dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2012, di Hotel Milenium, Jakarta.

Seperti kita ketahui, seorang Ibu memiliki peran ganda sebagai isteri dari seorang suami dan Ibu dari anak-anaknya. Dalam kehidupan sehari-hari seorang ibu harus dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (selanjutnya disingkat TIK) sehingga dapat mengawasi anak-anaknya dalam menggunakan TIK. Selain itu, TIK dapat juga digunakan untuk pengembangan diri dalam kehidupan sehari – hari.

Pengawasan penggunaan TIK oleh anak-anak juga perlu mendapatkan prioritas tersendiri bagi seorang Ibu. Maraknya penyalahgunaan TIK oleh anak-anak, terutama anak-anak dibawah umur dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan jiwa anak-anak nantinya. Disinilah seorang Ibu harus dapat memandu anak-anaknya agar tidak salah dalam menggunakan dan memanfaatkan TIK.

Dengan memiliki pengetahuan dan cara pemanfaatan TIK dengan benar, seorang Ibu dapat menjadi garda depan bagi keluarga di era digital ini.

Baja Juga :  Mereka Belajar dan Bersahabat dengan Alam

Selain seminar yang disampaikan beberapa nara sumber, juga akan diadakan sesi workshop “Pemanfaatan TIK Bagi Para Ibu”. Pada workshop ini, Mas Valentino sebagai pembawa materi dari IDkita juga akan membimbing pengaplikasian Parental Control untuk berbagai gadget.

Selain juga bernaung di bawah Kompasiana.com dan Kompas.com, sebagai bagian dari rangkaian acara ini pula, IDkita bekerja sama juga dengan media lainnya dalam mensosialisasikan kegiatan ini, seperti Radio Suara Edukasi milik Pustekkom yang sudah mulai menggemakan siaran dalam rangka hari Ibu ini. Bukan hanya khusus pada terlaksananya acara ini, namun juga lebih pada tindak lanjut untuk di masa-masa mendatang.

Untuk membantu para orang tua, khususnya Ibu, maka bertepatan dengan acara ini pula, IDkita meluncurkan sebuah buku yang isinya sangat bermanfaat. Buku ini untuk membuka mata para orang tua bahwa mereka “tidak boleh” gaptek. Isinya berupa artikel dan panduan agar para orang tua tidak ketinggalan dalam membimbing anak di era digital ini.

Bukan harus menguasai teknologi secara mendetail, namun paling tidak orang tua diajak untuk mengerti seperti apa dunia maya, khususnya yang ada hubungannya dengan anak-anak kita.

Segala persiapan sudah dan sedang berlangsung. Banyak waktu, pikiran, tenaga serta emosi yang tercurah diantara kesibukan para panitianya, demi terlaksananya kegiatan ini. Tidak sedikit pula materi yang dikeluarkan. Namun, kerjasama yang terjalin dan sebuah niat mulia yang tersaji akhirnya menjadi stimulan bagi kami di tengah “panasnya” perbincangan serius tapi santai.

Selalu semangat ya teman-teman. Perjuangan belumlah selesai… Kita sukseskan acara tanggal 19 Desember 2012 ini dengan sebuah tekad bahwa apa yang kita lakukan ini semua untuk generasi muda dan kita juga tentunya.

Baja Juga :  Terobosan Baru Kerjasama dan Kolaborasi IDKITA Kompasiana dan Pustekkom Dikbud
Choose your Reaction!