Para Manula dan Lansiapun Prihatin Terjadinya Penyalahgunaan TIK di Indonesia

“Eyang ingin bertanya, bagaimana mengendalikan anak-anak muda itu yang selalu sibuk dengan Hp-nya?” Pernyataan sekaligus pertanyaan ini, disampaikan seorang ibu  yang kebetulan usianya sudah manula pada sosialisasi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diselenggarakan oleh KOWANI (Kongres Wanita Indonesia) bekerjasama dengan  Pengurus DPP Wanita KOSGORO (Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong), IDKITA Kompasiana dan didukung oleh Indosat pada  Selasa, 19 November 2013.  Bertempat di gedung Kowani, Jalan Imam Bonjol Jakarta.

“Eyang pun ingin bertanya mengenai kasus penyadapan yang saat ini sedang ramai diperbincangkan” Tanyanya lebih lanjut.

Ternyata perkembangan TIK juga menjadi perhatian para manula, yang biasanya mengakui bahwa diri mereka “Gaptek” namun masih dapat mencerna secara umum pemanfaatan maupun penyalahgunaannya, khususnya di kalangan anak dan remaja. Bahkan untuk isu Nasional “penyadapan” menjadi keprihatinannya.

Selain “Eyang”, pertanyaan lain juga ditanyakan oleh beberapa orang ibu yang berasal dari pengurus KOWANI maupun pengurus/anggota DPP Wanita Kosgoro, serta beberapa siswa dari dua sekolah  SMA/SMK DPP Kosgoro yaitu SMA Kosgoro Bogor dan SMEA Taman Ilmu  Depok.

 

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab oleh para nara sumber, Mbak Christie dan Mas Valentino (sukarelawan IDKITA Kompasiana), Ibu Diana (Indosat) serta Michelle dan Nathasya (dua siswi Finalis Duta Internet Sehat dan Aman tahun 2013)

Suasana ruang pertemuan KOWANi terlihat penuh sesak dengan kehadiran berbagai unsur dan tentunya usia. Walau didominasi oleh remaja yang menggunakan seragam SMA, namun kegiatan sosialisasi dapat berjalan dengan lancar dengan materi-materi umum agar dapat diterima oleh semua kelompok usia.

 

Sosialisasi Internet Sehat dan Aman ini dibuka dengan sambutan dari Ibu Dr. Dewi Motik., M.Si Selaku Ketua Kowani dan Ibu Poppy Hayono Isman sebagai Ketua DPP Wanita KOSGORO.

Baja Juga :  Road Show : IDKITA Kompasiana Sosialiasi ke Semarang dan Ungaran

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut MOU antara IDKITA Community bersama KOWANI yang ditandatangani pada 7 November 2013 yang lalu, dimana IDKITA Kompasiana dipercayakan untuk melaksanakan berbagai kegiatan lokakarya/workshop, sosialisasi dan dialog pemanfaatan Tekonologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  bersama organisasi-organisasi di bawah naungan KOWANI dalam rangka meningkatkan pemberdayaan perempuan, kreativitas/inovasi pada anak dan remaja serta kepedulian terhadap penyalahgunaan TIK  di Indonesia.

Adapun rangkaian kegiatan lokakarya/workshop, sosialisasi dan dialog pemanfaatan Tekonologi Informasi dan Komunikasi (TIK) direncanakan akan dilaksanakan sekali dalam dua minggu dengan tema atau topik yang menarik serta terkini.

Rencana kegiatan dua minggu ke depan akan mengambil beberapa tema tentang “Parenting Control”, di mana dalam workshop tersebut para orang tua akan dilatih menggunakan aplikasi Parenting Control oleh Indosat dan IDKita,  serta penyuluhan psikologi oleh beberapa pakar psikologi anak.

Di akhir penutupan kegiatan, Ibu Dewi Motik berpesan bahwa KOWANI akan terus mendukung segala upaya dalam rangka mencerdaskan masyarakat,  dan memajukan bangsa dan negara.

Baca juga reportase terkait lainnya, di sini   Sumber gambar: Koleksi IDKita   *Ditayangkan di Kompasiana, pada tanggal 20 November 2013 | 13:20

Choose your Reaction!