Persiapan Seminar Hari Ibu Nasional 2012

0

Rapat persiapan Seminaar ‘Peran Ibu di Era Digital’ di Hari Ibu Nasional 2012 tanggal 13 November 2012 di Kemen Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( IDKita Kompasiana : Aku, Valentino, mba Vema dan mba Icoel ).

Kegiatan IDKita Kompasiana memang tidak pernah surut, sejak dibentuknya bulan Mei 2012 ini, dengan ditanda tanganinya MOU bersama Kompas.com ( lihat tulisanku ID Kita Kompasiana – MOU: Tanggung Jawab Kami untuk Generasi Muda Indonesia ). Ketika sekolah2, komunitas2 atau arisan2 serta karang taruna2 meminta kami untuk presentasi tentang ‘Internet Sehat dan Aman’, tidak ada yang kami tolak, walau kenyataannya  jadwal kami sangat padat sehingga sering re-schedule untuk memenuhi permintaan2 yang ada. Bukan hanya di Jakarta saja, tetapi juga di manapun yang mempunyai perwakitan IDKita Kompasiana.

Ketika KemenKominfo mulai ‘melirik’ kami setelah kami mengajukan proposal untuk ber-audiensi dengan Bapak Dirjen Ashwin Sasongko ( lihat tulisanku Diskusi dengan Dirjen Telematika Kominfo, Bapak Ashwin Sasongko ), kami menyambutnya dengan sangat antusias. Begitu pula ketika Kemen Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menerima IDKita Kompasiana sebagai ‘mitra’ untuk melakukan kegiatan sosial demi anak2 dan remaja ( lihat tulisanku Berdialog dengan ‘Ibu Linda Amalia Sari Gumelar’, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI ), kamipun menyambutnya dengan sangat baik!

Dan ketika proposal IDKita Kompasiana untuk membuat seminar nasional ( yang dalam hal ini untuk acara Hari Ibu 2012 ) diterima dengan sangat baik oleh Ibu Linda Gumelar untuk menjadikan seminar dan workshop Parenting Control ini berhasil dengan baik, IDKita Kompasiana sangat menyambut gembira. Apalagi, Ibu Linda menggandeng Kemen Kominfo untuk seminar nasional ini ( lihat tulisanku IDKita Kompasiana Akan Berkolaborasi dengan 2 Kementerian dalam Hari Ibu 2012 ). Dan secara konsep adalah dari IDKita Kompasiana. Bahwa KemenKominfo yang membawakan seminar ini, tetapi IDKita Kompasiana-lah yang akan membawakan  workshopnya untuk Parenting Control-nya …..

Baja Juga :  Road Show : Kisah Sebuah Sekolah “Kumuh” di Tengah Kota Ambon

Sungguh, kami sangat senang menjadi mitra di 2 Kementrian untuk acara Hari Ibu Nasional tahun 2012 ini. Dari IDKita Kompasiana yang hanya sebagai salah satu komunitas blogger, sekarang kami siap untuk bekerja sosial demi masa depan anak2 dan remaja Indonesia. Dan sebagai anak2 dan remaja, seorang ibulah yang lebih dekat dengan anak2 dan remajanya dibandingkan dengan ayahnya ( walaupun tetap keduanya adalah orang tuanya yang bertanggung jawab ). Sehingga di Hari Ibu 2012 ini, kami berusaha meng-edukasi ibu2 Indonesia tentang ‘Internet Sehat dan Aman’, sesuai dengan konsep kami …..

Persiapan2pun dilakukan. Meeting2 sudah mulai dan sharing dan diskusi sangat sering dilakukan. Baik bertemu muka langsung ( di Kementerian Pemberdyaan Perempuan dan Perlindungan Anak ataupun di Kementrian Kominfo ) juga lewat diskusi2 2 arah lewat bbm atau sms dengan bu Mariam ( Direktur Telematika Kominfo ) atapun juga dengan Bu Puspito ( Deputi Bidang Perlindungan Anak ). Undanganpun sudah dipersiapkan, yaitu kepada istri2 Manteri, istri2 Gubernur ( 34 propinsi ), Kowani, Darma Pertiwi, Bahyangkari yang kesemuanya akan memenuhi kuota 150 orang. Sebuah prestasi yang luar biasa bagi IDKita Kompasiana. Tuhan sudah menijinkan kami melayani kaum perempuan dan ibu2 untuk bisa belajar tentang peduli dengan anak2 dan remajanya …… Puji Tuhan ……

1353920480737368468

Aku, bu Puspito dan bu Tatik ( Kemen Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ) serta bu Mariam ( Direktur Telematika Kominfo ).

Pertama kali kami berdiskusi dengan mereka taggal 13 November dan yang terakhir adalah hari ini, Senin 26 November 2012 untuk sudah lebih ‘fix’ tentang rencana Hari Ibu ini. Kegiatan ini dinamakan ‘Peran Ibu di Era Digital’. Adalah tujuannya diharapkan dapat meningkatkan wwsan dan pengetahuan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ). Upaya ini adalah untuk meningkatkan peran serta perempuan, khususnya para ibu untuk mengawasi kegiatan anak2 dan remajanya dalam dunia inyernet dan gadgetnya. Juga kami bukan hanya tentang pengenalan pemanfaatkan TIK dengan pelatihan menggunakan komputer, penggunaan networking dalam sektor industri rumah tangga untuk memfasilitasi pengembangan industri dan ekonomi kreatif digital. Selain itu, bagi ibu2 yang tidak bekerja yang tidak terlalu tahu tentang penggunaan komputer serta berhubungan dengan gadget, dimaksudkan untuk meningkatkan  kinerja di kalangan ibu rumah tangga. Dan bagi perempuan dan ibu2 yang bekerja sebagai perempuan karir atau penggiat kegiatan perempuan adalah untuk meningkatkan produktifitas dan efisiensi kerja kaum ibu dengan melalui pemanfaatan TIK ( sumber : proposal seminar dan workshop Hari Ibu Kominfo ).

1353920526797423268

1353920610367386712

Rapat persiapan Seminar Hari ibu 2012 tanggal 26 November 2012 : IDKita Kompasiana ( aku, Valentino, mba Vema, mba Inna, mba Sita ) dan tim Kominfo, sebelum tim Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak datang.

Yang jelas, esorang ibu memiliki peran ganda, sebagai ibu yang bekerja ( jika bekerja ), ssebagai seorang istri dan sebagai seorang ibu dari anak2nya. Sehingga dalah kehidupan sekarang ini, dimana sekarang adalah merupakan ‘Era Digital’, pengawasan penggunaan Teknologi Iinformasi dan Komunikasi oleh anak2 dan remaja perlu mendapat prioritas tersediri, karena jaman ini merupakan jaman yang benar2 ‘teknologi mania’ dalam dunia internet.

Baja Juga :  Sosialisasi : Bagaimana Membentuk Karakter Positif Agar Berprestasi

Penyalahgunaan teknologi informasi ini oleh anak2 dan remaj dapat mempengaruhio perkembangan jiwa anak2 dan remaja. Bahwa anak2 dan remaja sekarang ini terlalu pintar dibandingkan kita sebagai orang tua, tetapi mereka belum mengerti apa yang ada dibalik teknologi. Bahwa banyak ‘orang jahat’ mengintai mereka …..

Jadi, dengan pengetahuan dan pemanfaatkan teknologi informasi dengan benar, seorang perempuan dan seorang ibu dapat menjadi tiang utama bagi penggerak roda rumah tangga sebagai ibu yang bertanggung jawab bagi anak2 dan remajanya …..

1353920648935602417

Bu Tatik dan tim Kemen Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Bergandeng tangan dengan 2 kementerian, bukan melulu terus serius. Dengan hubungan baik antara bu Mariam ( Kominfo ) yang sudah terjalin lama serta dengan Bu Linda dan Bu Puspito, ternyata meeting berjalan dengan sangat penuh keakraban. Justru bu Marim dan bu Puspito sangat ‘merangkul’ kami webagai komunitas yang peduli dengan anak2 dan remaja, juga benar2 merangkul kami dalam arti harafiah, sebagai ibu ( maki memang jauh dibawh beliau, dan kami merpakan geneerasi dibawah beliau ). Tim IDKita Kompasiana yang hampir semua perempuan ( hanya Valentino sebagai laki2 ), selalu dipeluk sambil cipika cipiki, sangat membuat hatiku nyaman.

Dalam ber-bbm atau sms, aku sebagai divisi komunikasi dan humas IDKita Kompasiana, sangat nyaman berhubungan dengan beliau sebagai pejabat negara. Mereka sangat ramah dan sealu mendengarkan apa yang kami inginkan demu kebaikan kita bersama.

Meeting teknis berikutnya, adalah Jumat minggu ini, dan selanjutnya akan terus lebih meningkatkan komunikasi untuk acara Hari Ibu Nasional 2012 ini. Kami akan terus sampai hari ‘H’ nya ( tanggal 19 Desember 2012 ), guna mempersiapkan yang terbaik. Keinginan kami jelas, bahw kami ingin kehidupan anak2 dan remaja merupakan kehidupan yang bermasa depan yang cerah demi menyongsong hari depan masyarakat Indonesia …..

Baja Juga :  Tanggung Jawab Bersama dalam Perlindungan Anak

Maju terus IDKita Kompasiana, Tuhan berkati!

Sumber :

http://media.kompasiana.com/new-media/2012/11/26/idkita-kompasiana-dan-2-kementerian-persiapan-seminar-hari-ibu-nasional-2012-506159.html

Choose your Reaction!