Dari Pelajar, Oleh Pelajar dan Untuk Pelajar

Dunia internet dewasa ini bukan saja menjadi milik kalangan profesional ataupun orang dewasa yang berkecimpung di dunia pendidikan atau bidang kreatif lainnya. Dunia internet sudah dimasuki oleh semua kalangan. Anak dan remaja pun tak ketinggalan mengambil bagiannya.

Sementara kecanduan dan bahaya internet selalu mengintai, sebagai orang tua dan dewasa, kita harus dapat menyikapinya dengan bijak. Ada rambu-rambu yang perlu ditaati dengan segala pemikiran dan pemahaman kedewasaan kita, agar tidak terjerumus ke hal-hal buruk akibat sisi negatif internet .

Lalu bagaimana dengan anak dan remaja kita yang secara emosional belum “dewasa” atau masih labil? Menjadi tugas orang tua untuk selalu mendampingi mereka tentunya. Memang ini bukan tugas yang mudah, karena yang dibutuhkan adalah mendampingi dan membimbing, bukan mengintai dan melarang ini dan itu. Pendampingan pun akan berjalan baik bila kedekatan emosi yang terjalin berlangsung baik dan dua arah. (bagaimana caranya? Nah kalau yang ini, silakan konsultasi kepada yang lebih berkompeten di bidangnya… 😀 )

Tentu kita sangat paham apabila anak akan cenderung lebih “menurut” dengan apa yang dikatakan oleh temannya. Teman bagi mereka adalah tempat curhat segala cerita, tempat berkeluh kesah tentang kesebalan dan hal-hal yang tidak disukai, tempat ketawa-ketiwi membicarakan ketertarikan pada lawan jenis. Itu hal yang wajar. Dan tentunya kita sebagai orang tua sangat ingin dan (tentunya) berusaha agar anak “menganggap” kita, orang tuanya seperti halnya terhadap teman mereka,menjadi tempat segala curhat dan cerita mereka.

Dari kecenderungan di atas, komunikasi dan segala hal yang bersifat ajakan menjadi lebih efektif dan cepat tepat apabila ada teman yang menyarankan. Apalagi kalau si teman juga melakukan hal tersebut, tidak hanya lewat omongan saja. Atas dasar konsep inilah, maka ajang pemilihan Duta Insan diadakan.

Baja Juga :  Seminar dan Sosialisasi : Pemanfaatan TIK di Universitas Kristen Indonesia Maluku-Ambon

Apa itu Duta Insan?

Duta Insan adalah ajang pemilihan duta anak bangsa yang melek teknologi serta mampu memanfaatkan penggunaannya secara positif untuk meningkatkan bakat dan kreativitasnya, dan sebagai duta internet cerdas dan kreatif yang mengedukasi teman-temannya.

Maksud dan Tujuan

-Mengapresiasi pelajar Indonesia yang telah mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan bakat, prestasi dan pendidikan mereka baik untuk dirinya sendiri, lingkungan sekolah maupun masyarakat disekitarnya.

-Sebagai ajang kreasi pelajar Indonesia dalam pemanfaatan Internet secara Sehat dan Aman untuk menyongsong masa depan mereka yang lebih baik.

-Mendorong pemanfaatan internet secara sehat dan aman di kalangan generasi muda menuju masyarakat Indonesia yang cerdas, kreatif dan produktif .

-Menghimpun, mengorganisir dan membentuk para relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi di kalangan pelajar di seluruh Indonesia. “Oleh, dari dan untuk Pelajar”.

-Menghadirkan sosok para pelajar Indonesia yang dapat dijadikan contoh dan mampu memotivasi generasi muda dalam pemanfaatan TIK secara baik dan benar untuk menjadi generasi yang tangguh, bermoral dan mampu bersaing secara global.

-Mewadahi aktivitas positif remaja dalam berinternet khususnya blogging dan bentuk kreativitas online lain yang bermanfaaat.

Pemilihan Duta Insan ini dapat diikuti oleh siswa-siswi yang masih aktif di SMP dan SMA sederajat. Para orang tua dan guru pun dapat menominasikan anak, siswa, atau kerabatnya untuk mengikuti ajang pemilihan ini.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengikuti ajang ini, diantaranya adalah berkesempatan untuk dipilih menjadi Duta Internet Sehat dan Aman Nasional tahun 2013 (yang tentunya ada banyak hadiah yang disediakan), juga sebagai Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) “Remaja” di wilayahnya masing-masing. Selain itu juga berkesempatan mewakili pelajar-pelajar berprestasi yang kreatif dan inovatif dalam berbagai kegiatan “Teknologi Informasi dan Komunikasi” baik di wilayahnya maupun secara nasional, serta masih banyak lagi.

Baja Juga :  Media Sosial dan Kesehatan Mental

Untuk pendaftaran, silakan klik like di fans page Duta Insan ini. Pada page ini terdapat formulir pendaftaran bagi calon Duta Insan, dan formulir untuk menominasikan.

Bisa juga masuk ke webnya di : duta.insan.or.id

Membekali generasi muda dengan hal-hal yang bermanfaat, untuk menjadikan masa depan yang lebih baik.

-oOo-

Ilustrasi: (Courtesy of Duta Insan)

*Ditayangkan di Kompasiana, pada tanggal 15 July 2013 | 10:51

Choose your Reaction!