Rencana Tema Gerakan Baru IDKita

Setelah berjalan selama setahun lebih, IDKita bersama-sama para sukarelawannya masih akan terus berjuang dalam menyuarakan gerakan Internet Sehat dan Aman bagi Anak dan Remaja, baik melalui tulisan (online) maupun kegiatan-kegiatan offline lainnya.

Masih banyak masalah penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), khususnya internet, yang perlu terus dikumandangkan agar anak dan remaja kita dapat terhindar dari berbagai masalah yang merugikan masa depan mereka. Oleh karena itu memang masih banyak pekerjaan bagi mereka yang terpanggil untuk gerakan ini.

Mengingat dalam membahas dan mensosialiasi pemanfaatan internet secara baik dan benar tentunya tidak hanya menyoroti penyalahgunaannya saja. Ada banyak sisi positif yang sudah harus disosialisasikan kepada masyarakat luas, khususnya anak dan remaja. Untuk itu, tema gerakan IDKita mulai Juli 2013 akan diubah menjadi GERAKAN “INTERNET CERDAS, KREATIF dan INOVATIF” atau disingkat dengan nama INNERAKTIF.

Perubahan tema ini bukan berarti meninggalkan sasaran dari tema terdahulu yaitu “INTERNET SEHAT DAN AMAN”, namun lebih kepada tindak lanjut dan titik berat berat gerakan untuk jangka panjang ke depan, selain tentunya agar nama gerakan dapat mudah dipahami.

Sebagai catatan penting, istilah “INTERNET SEHAT”  sebenarnya sudah dipatenkan oleh salah satu organisasi di Indonesia. Sehingga dengan mengganti tema gerakan, diharapkan tidak ada lagi perdebatan yang mungkin selama ini telah mengusik kegundahan hati sang pemilik. Walaupun sejatinya penggunaan istilah tersebut untuk melakukan sesuatu yang baik bukan untuk tujuan-tujuan komersil atau untuk memegahkan diri.

Adapun penjelasan dari Gerakan GERAKAN “INTERNET CERDAS, KREATIF dan INOVATIFatau INNERAKTIF tersebut adalah sebaga berikut:

CERDAS dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti “sempurna perkembangan akal budinya (untuk berpikir, mengerti, dsb“. Dalam hubungannya dengan pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) maka tema terdahulu tentang pemanfaatan internet secara sehat dan aman telah tercakup dalam pemahaman ini. Oleh sebab itu, materi-materi tentang internet sehat dan aman tetap menjadi bagian penting dalam gerakan. Mereka yang cerdas tentu saja dapat terhindar dari penyalahgunaan internet (TIK) sekaligus dapat meningkatkan pendidikan dan pengetahuannya.

Baja Juga :  Kasus IM2 : Justeru MA dapat Mengancam Terjadinya “Kiamat” Internet

KREATIF dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti “Memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan“. Dalam pemanfaatan TIK khususnya internet perlu menumbuhkembangkan kemauan untuk menjadi seorang yang kreatif. Dimulai dari kemauan, kemudian lewat bimbingan, kemampuan mereka digali untuk menghasilkan sebuah ide kreativitas. Mereka yang kreatif ini tentu bisa stand out of the crowd, dapat tampil di antara kerumunan orang. Perbedaan membuat peluang baru terbuka. Dalam dunia TIK, banyak ide-ide kreatif memiliki nilai jual yang cukup tinggi dewasa ini, walaupun masih dalam sebatas ide.

INOVATIF dalam Kamus Besat Bahasa Indonesia berarti “bersifat memperkenalkan sesuatu yang baru; bersifat pembaruan (kreasi baru)” Dalam pemanfaatan TIK, khususnya internet, ini adalah pengembangan dan implementasi kreativitas untuk menghasilkan suatu produk, proses ataupun layanan baru dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektifitas yang secara langsung bermanfaat bagi diri sendiri dan orang banyak. Selama ini banyak dari kita hanya dalam batas “pengguna saja” bahkan yang menyedihkan ada yang terpaksa menjadi plagiat. Dengan demikian diharapkan generasi kita memiliki daya saing tidak saja sebagai pemain lokal tetapi secara global dalam pemanfaatan TIK.

Terkait dengan penamaan INNERAKTIF, pernah dikemukakan oleh F.X Oerip S. Poerwopoespito, dalam buku yang berjudul “Menggugah Mentalitas Profesional dan Pengusaha Indonesia“. Menurutnya, Inneraktif merupakan kunci dari segala kunci sikap mental positif manusia. “Kalau saja negara ini ditata berdasarkan nilai-nilai inneraktif, rasanya sebagian besar persoalan aneh yang ada tidak akan pernah terjadi. Seandainya saja banyak orang lebih inneraktif, sebagian besar masalah kritis bangsa ini akan bisa terselesaikan dengan mudah”, katanya.

Lebih lanjut menurut FX Oerip, salah satu unsur terpenting dari INNERAKTIF adalah kosentrasi dalam beraktivitas menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Konsentrasi membuat kita mampu memanfaatkan seluruh daya dan tenaga secara penuh.

Baja Juga :  Seminar : Disabilitas Dapat Mengakibatkan Masalah Kemiskinan

Terkait penjelasan tema baru gerakan baru ini, agar terhindar dari “gugatan” pemilik hak paten gerakan mulianya. Kami mengusulkan kepada pemerintah, dalam hal ini Direktur Pemberdayaan Informatika, yang selama ini mengusung tema Internet Sehat dan Aman atau INSAN, untuk dapat meninjau lagi nama gerakan tesebut. Bahkan bilamana perlu, tema yang kami usulkan ini, dapat dipergunakan seluas-luasnya agar bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan demikian, semoga dapat diketahui dan semoga dipahami apa yang menjadi titik berat gerakan IDKita ke depan.

Selamat pagi.

 

Ilustrasi: Koleksi IDKita

 

*Ditayangkan di Kompasiana, pada tanggal 19 June 2013 | 09:23

Choose your Reaction!