Workshop: Belajar Jarak Jauh di PLK Mbangun Desa Purwokerto Jawa Tengah

DSC01344

Mengawali Bulan Juli 2014, setelah berberapa kali melakukan kunjungan baik sosialisasi, pelatihan dan persiapan penyediaan fasilitas internet di PLK (Pendidikan Layanan Khusus) “Boarding School” Mbangun Desa, Baturraden, Purwokerto, Kabutaten Banyumas, kali ini tim IDKITA Community kembali lagi mengunjungi sekolah tersebut dalam rangka melakukan beberapa rangkaian kegiatan langsung yaitu berupa uji coba berbagai fasilitas teleconference/video conference  guna merealisasikan kegiatan pembelajaran jarak jauh pada tahun ajaran 2014/2015.

Uji coba dilakukan bersama tim admin atau teknis yang telah disediakan oleh sekolah yang telah memiliki kemampuan yang memadai dalam mengoperasikan secara teknis berbagai fasilitas baik software maupun hardware untuk pendukung pembelajaran jarak jauh yang telah direncanakan dalam kunjungan-kunjungan sebelumnya, baik secara mandiri maupun bersama PUSTEKKOM kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Dalam kunjungan yang sama, kegiatan yang didukung oleh PT Indosat. Tbk ini, juga melakukan beberapa kegiatan lain yaitu berupa perpindahan situs dan hosting dari mbangundesa.com ke situs bangundesa.org

DSC01368

Adapun alasan pergantian alamat situs mempertimbangkan unsur komersial (dot Com) menjadi organisasi sebelum memperoleh domain  sch.id yang saat ini dalam pengurusan bersamaan dengan perizinan kelembagaan PLK “Mbangun Desa” yang hingga saat ini belum juga dievaluasi menjadi sekolah formal atau sekolah terbuka sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku.

Namun demikian, sambil menunggu proses perizinan, proses belajar dan mengajar sesuai kurikulum 2013 tetap dijalankan dengan dukungan fasilitas pembelajaran jarak jauh untuk memenuhi kekurangan guru atau pengajar.

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pengentasan pendidikan ini memang menjadi proyek percontohan awal IDKITA Kompasiana bersama dukungan berabagai pihak, khususnya PT Indosat Tbk.

Selain Boarding School Mbangun Desa, yang disetarakan dengan SMA, upaya pembelajaran jauh ini juga ditujukan untuk MTS (Madrasah Tsanawiyah) Pakis di Kampung Pesawahan, Desa Gunung Lurah, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas, yang juga merupakan kampung labsite Boarding School Mbangun Desa.

Baja Juga :  MOU IDKITA Dengan PT Kompas Cyber Media

Pelatihan teknis pemanfaatan fasilitas pembelajaran jarak jauh dan pelatihan pengelolaan secara mandiri situs bangundesa.org pada kujungan kali ini dilakukan dalam suasana bulan suci Ramadhan, namun tidak menyurutkan semangat dan keinginan pengelola sekolah maupun tim admin untuk mengikuti pelatihan penuh, dari pagi hingga malam hari, dengan waktu sela untuk menunaikan ibadah sholat, buka puasa dan Tarawih.

Tim IDkita berada di Purwokerto sejak 30 Juni, dan kegiatan dilaksanakan pada tanggal 1 dan 2 Juli 2014, sebelum kembali ke Jakarta pada 3 Juli.

DSC01362

Semoga apa yang sudah dipersiapkan dapat berjalan dan akan didampingi dan dibimbing secara  terus menerus. Sehingga proyek percontohan ini dapat terealisasi dengan baik sebagai salah satu terobosan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk daerah-daerah terpencil, pedalaman dan miskin di Indonesia, dengan biaya yang terjangkau dan dilakukan oleh masyarakat sendiri secara swadaya.

Ke depan, proyek percontohan ini akan diujicobakan oleh IDKITA untuk dua wilayah, yaitu di Kabupaten Maros-Sulawesi Selatan dan Kabupaten Buru Selatan, Provisi Maluku.

Sumber Foto : Koleksi IDKITA

Choose your Reaction!