Punya KTP DKI tapi belum vaksin? Daftar di aplikasi JAKI dapat layanan prioritas

Berdasarkan keterangan Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta pada hari Jumat, 3 September 2021, masih terdapat 2,7 juta warga DKI yang belum divaksinasi Covid-19. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengupayakan berbagai terobosan demi memudahkan masyarakat dalam memperoleh vaksin Covid-19. Salah satunya pendaftaran melalui aplikasi Jakarta Kini (JAKI).

Aplikasi JAKI sendiri dapat diunduh secara gratis melalui Google Playstore. Namun pendaftaran vaksinasi tersebut dapat dilakukan juga secara langsung melalui alat peramban (Google Chrome, Firefox, Opera, Internet Explorer) dengan mengakses halaman berikut: https://vaksinasi-corona.jakarta.go.id/

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendaftarkan diri:

1. Informasi NIK dan Nama Lengkap:

Setelah mengakses alamat URL di atas, Anda akan diarahkan untuk mengisi informasi NIK dan Nama Lengkap sesuai KTP.

Setelah selesai mengisi informasi tersebut, tekan tombol “Periksa” untuk memeriksa status vaksinasi Anda.

2. Status Vaksinasi Anda:

Bagi Anda yang belum pernah mendaftarkan diri/menerima vaksinasi, maka pada tampilan status akan tertera keterangan “Belum Divaksin” dan dapat melakukan pendaftaran dengan menekan tombol “Daftar Vaksinasi Covid-19”.

Namun dalam beberapa kasus, peserta yang telah mengikuti program vaksinasi bisa saja datanya masih belum diterima di pusat data, sehingga keterangan “Belum Divaksin” akan tetap muncul.

Anda disarankan untuk melakukan pengecekan sertifikat di aplikasi pedulilindungi.id dan menghubungi call center 119 ext-9 apabila sertifikat Anda masih belum tersedia.

3. Informasi Persyaratan Vaksinasi

Setelah menekan tombol pendaftaran, akan muncul halaman pop-up yang memuat informasi mengenai ketentuan vaksin.

Harap memperhatikan ketentuan tersebut lalu tekan tombol “Ya, Saya Mengerti”.

4. Kategori Peserta Vaksin

Di halaman ini pendaftar dapat memilih kategori berdasarkan pilihan yang sudah ditetapkan (BUMN, Keamanan, Lansia, dst). Silakan memilih “Masyarakat Umum” apabila Anda tidak termasuk dalam kategori lain yang sudah ditentukan.

Baja Juga :  Memahami Cyberbullying dan Cyberstalking

5. Lokasi Vaksin

Pada halaman ini Anda dapat mengecek lokasi-lokasi yang masih memiliki kuota vaksin.

Jika di sekitar tempat tinggal Anda sedang kehabisan kuota vaksin, Anda dapat mendaftarkan diri di kelurahan atau kecamatan lain yang lokasinya tidak jauh tempat tinggal Anda, atau bahkan di wilayah Jakarta lainnya yang kebetulan dekat dengan tempat aktivitas Anda.

Bagi para pekerja yang mempertimbangkan untuk melakukan vaksinasi pada jam dan hari kerja dapat memilih lokasi kecamatan dan kelurahan terdekat dengan lokasi kerja Anda.

6. Biodata dan Nomor Kontak

Di halaman ini Anda diminta mengisikan informasi NIK, nama lengkap sesuai KTP, jenis kelamin, tanggal lahir, nomor handphone, nomor telepon rumah (tidak wajib), alamat email (tidak wajib).

Pastikan data yang Anda masukan sudah benar dan sesuai sebelum menekan tombol selanjutnya.

7. Alamat Terdaftar dan Alamat Domisili

Silakan mengisikan alamat tinggal Anda dengan lengkap dan benar. Apabila alamat yang terdaftar di KTP dan domisili Anda saat ini berbeda, maka di bagian atas diisi dengan informasi alamat sesuai KTP dan di bagian bawah diisi dengan alamat domisili saat ini.

8. Pendaftaran Berhasil

Setelah selesai mendaftarkan diri, Anda diminta untuk mengisikan lagi NIK dan Nama Lengkap sebelum memulai Pre-screening Kesehatan

9. Pre-screening Kesehatan

Anda akan diberikan beberapa pertanyaan terkait riwayat kesehatan dan kondisi kesehatan saat ini. Harap memberikan jawaban yang tepat dan akurat untuk mencegah resiko yang tidak diinginkan.

Setelah selesai, Anda akan menerima lembaran berisikan informasi biodata, nomor kontak, alamat dan Pre-screening kesehatan yang telah Anda masukkan. Silakan cetak/print lembaran tersebut untuk dibawa pada saat vaksinasi di waktu dan tempat yang telah ditentukan.

Baja Juga :  Kasus Asusila Kediri: Terdakwa Dapat Dikenakan Pasal Berlapis Tindak Pidana Selama 20 Tahun

Perlu diketahui, para peserta yang mendaftarkan diri melalui aplikasi JAKI akan mendapatkan layanan prioritas karena sudah melakukan pengisian informasi secara daring, sehingga proses yang dilakukan di lokasi nanti menjadi lebih singkat dan tidak memakan banyak waktu. Semoga membantu.

Choose your Reaction!