Parental Controls: Mengatur Restrictions Pada Smartphone IOS

ios

Untuk mengatur Restrictions/Pembatasan  dalam rangka Pengawasan Orang Tua (Parental Controls) untuk smartphone/gadget IOS anak.  Anda dapat mengaktifkan Pembatasan/Restrictions, di iPhone, iPad, dan iPod touch. Pengaturan ini antara lain dapat membatasi beberapa fitur dan aplikasi tertentu yang terdapat dalam perangkat iOS.

Untuk memulainya, tentu tergantung dengan bahasa utama yang anda gunakan pada perangkat iOS anak.  Oleh karena itu, dibawah ini dijelaskan beberapa langkah untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya pembatasan/Restrictions dalam bahasa Indonesia.

Tujuan utama dari tutorial ini adalah untuk menyesuaikan pembatasan di perangkat untuk mencegah akses ke fitur atau konten tertentu pada perangkat.

Ikuti langkah-langkah berikut :

Langkah Awal

  1. Tentu saja hidupkan dulu iPhone, iPad dan Ipod touch anak anda
  2. Pilih pengaturan/Setting
  3. Pilih Umum/General
  4. Cari Restrictions atau Pembatasan
Pengaturan Restrictions
Pengaturan Restrictions

Pengaturan 

  1. Aktifkan Pembatasan dan masukkan kode sandi (password).  Sandi ini digunakan untuk untuk mengubah pengaturan atau menonaktifkan Pembatasan. Penting: Jika Anda tidak menemukan atau lupa kode sandi Pembatasan, Anda perlu melakukan pemulihan pabrik (factory restore) untuk menghapusnya.
  2. Setelah aktif anda sudah siap untuk melakukan pengaturan pembatasan selanjutnya
Aktifkan Pembatasan
Aktifkan Pembatasan

Pembatasan yang dapat anda pilih sesuai keinginan anda

  1. Anda dapat membatasi akses ke aplikasi dan fitur berikut pada perangkat (Anda dapat membatasi akses ke YouTube di iOS 5 atau yang lebih awal) :  Safari, Kamera (juga menonaktifkan FaceTime), FaceTime, iTunes Store, iBooks Store2 (Pelajari lebih lanjut tentang Pembatasan iBooks dan iBooks Store), Pembelian Dalam Aplikasi, Siri, AirDrop, CarPlay3 (CarPlay hanya tersedia di iPhone 5 atau versi sesudahnya), Memasang aplikasi, Menghapus aplikasi
  2. Anda dapat mencegah akses ke jenis konten tertentu : Peringkat (pilih negara di bagian peringkat agar secara otomatis sistem akan menerapkan peringkat konten yang sesuai untuk kawasan yang anda pilih), Musik dan podcast, Film, Acara TV, Buku2 (Pelajari lebih lanjut tentang Pembatasan iBooks dan iBooks Store), App, Siri, Situs web, Anda juga dapat mengatur waktu yang diperlukan sebelum kata sandi diperlukan untuk membeli konten.
  3. Anda dapat mencegah perubahan ke pengaturan privasi, yang mencakup : Layanan Lokasi, Kontak, Kalender, Pengingat, Foto, Berbagi Bluetooth, Mikrofon, Twitter, Facebook, Iklan
  4. Anda dapat mencegah perubahan pada pengaturan dan akun berikut : Akun (Anda dapat mencegah perubahan pada Mail, Kontak, Kalender, iCloud, Twitter, Facebook, Vimeo, Flickr, iTunes, App Store, iMessage, dan FaceTime), Cari Teman Saya (Ini tersedia hanya bila Anda menginstal aplikasi Cari Teman Saya), Data seluler menggunakan (ini hanya tersedia pada perangkat iOS yang mendukung data seluler), Penyegaran App di Latar Belakang, Batas volume
Baja Juga :  Rencana Tema Gerakan Baru IDKita

  Catatan Jika perangkat iOS Anda tidak memiliki aplikasi tertentu atau fitur tertentu tidak tersedia, pastikan bahwa jika Pembatasan dinonaktifkan maka akibat yang dapat terjadi mencakup:

  1. Aplikasi hilang dari layar Utama (seperti Safari, Kamera, atau FaceTime)
  2. Fitur atau layanan tidak tersedia (seperti Siri atau Layanan Lokasi)
  3. Pengaturan hilang atau tampil abu-abu (seperti Mail, Kontak, dan Kalender; iCloud; Twitter; FaceTime)

  Sumber Artikel : http://support.apple.com Sumber Ilustrasi Gambar : http://www.minormonitor.com

Choose your Reaction!