Workshop: IDKITA Bersama EMAX Tentang Cyber-Bullying

Digital-perenting-13-may-2015

Memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) yang jatuh pada tanggal 2 Mei, EMAX, sebagai salah satu jaringan Apple Reseller terbesar di Indonesia, turut mendukung kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan baik di sekolah maupun di rumah guna memberikan yang terbaik untuk anak.

“Digital Parenting” merupakan rangkaian workshop yang diadakan oleh EMAX sepanjang bulan Mei 2015, dan mengangkat tema tentang relasi antara orangtua, anak, dan gadget. Workshop ini diadakan di dua lokasi, yaitu EMAX Store Kemang – Jakarta Selatan dan EMAX Store PX Pavilion @ St. Moritz – Jakarta Barat.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, IDKITA diajak untuk mengisi salah satu materi yang diadakan pada Rabu, 13 Mei 2015, 14:00 PM – 15.30 dengan tema “Waspada cyber-bullying terhadap anak” bertempat di  EMAX PX Pavilion St. Moritz (Puri Indah Boulevard Blok U1, Jakarta Barat)

DSCF2742 1

Sebagai pembicara utama dan kebetulan satu-satunya, mas Valentino memaparkan beberapa hal terkait masalah cyber-bullying di kalangan anak dan remaja, baik dampak, pemicu, modus hingga penanggulangannya.

Dengan mempertimbangkan waktu yang ada, masalah cyber-bullying kemudian diperluas dengan pemaparan materi terkait jenis penyalahgunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi lainnya, khususnya internet di kalangan anak dan remaja dalam upaya untuk meminimalisir “kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak secara online di Indonesia”.

Beberapa fakta kekerasan terhadap anak tersebut dikemukakan oleh mas Valentino, selaku Koordinator Nasional IDKITA, dan tentu saja disertai juga dengan upaya pencegahan dan penanggulangannya sehingga orang tua dan komunitas EMAX dapat turut bersama-sama mengkapanyekan upaya perlindungan terhadap anak dan remaja Indonesia dari ancaman kekerasan dan pelecehan seksual yang saat ini cukup memprihatinkan, sebagaimana juga telah dikemukakan oleh berbagai tokoh pemerintah, aktivis dan Komnas Perlindungan Anak sendiri bahwa saat ini Indonesia telah memasuki keadaan darurat nasional masalah kekerasan pada anak.

Baja Juga :  Seminar dan Sosialisasi : Pemanfaatan TIK di Universitas Kristen Indonesia Maluku-Ambon

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan dialog, mengenai identifikasi, pencegahan dan penanggulangan terhadap ancaman kekerasan anak secara online.

DSCF2726 1

Akhirnya waktu juga yang membatasi kegiatan pada hari tersebut. Di bagian akhir pertemuan, mas Valentino mengajak sekali lagi kepada komunitas maupun per orangan (khususnya orang tua) untuk bersama-sama meberikan edukasi yang tepat dan bermanfaat baik kepada orang tua lain maupun kepada anak-anak, dimulai dari lingkungan kerluarga terdekat. Upaya pencengahan kekerasan pada anak bukanlah program pemerintah semata namun merupakan program atau gerakan bersama, semua unsur dari berbagai lapisan masyarakat.

Sumber foto : EMAX

Choose your Reaction!