Pengenalan Tentang ‘Internet Sehat’ di GKJ Eben Haezer

Parenting

Sosialisasi Gerakan ‘Internet Sehat dan Aman’

Hari Minggu tanggal 10 Juni 2012 ini,  IDKita Kompasiana memulai ‘debut’nya di Gereja Kristen Jawa Eben Haezer Pasar Minggu, Gerejaku. Mengapa ‘memulai debut’nya disana? Karena mereka bukan hanya ingin di presentasikan oleh kami saja untuk orang tuanya seperti di tempat lain, terapi juga mereka ingin IDKita Kompasiana membuat dialog interaktif dengan remaja2 Gereja. Memang, konsep IDKita Kompasiana tentang program mandiri ini adalah jika untuk PAUD, anak sampai 12 tahun, kami mempresentasikan kepada orang tuanya, juga bisa ditambahkan dengan workshop untuk orang tuanya, tetapi untuk remaja di atas 12 tahun sampai 17 tahun, program kami bukan untuk ‘mengajarkan’ mereka tetapi kami ingin mengajak mereka untuk berdialg, karena kami ingin ‘masuk’ ke dunia mereka untuk tahu apa yang mereka ingkinkan dan apa yang mereka mau. Karena remaja bukan hanya pintar saja, tetapi mereka sudah ada jauh di depan kita dan kita sebagai orang tua sudah jauh dibelakang mereka …..

Dimulai dengan aku bbm-an dengan Pendeta utama kami, pak Djoko beberapa minggu lalu, lalu aku mengirimkan surat perkenalan dan proposal IDKita Kompasiana lewat email.

Beberapa hari kemudian, pak Djoko bbm untuk memberi info bahwa surat perkenalan dan proposal IDKita Kompasiana akan diteruskan kepada Majelis Gereja, untuk ditindak lanjuti. Mereka akan menginformasikan, kapan dan bagaimana ide IDKita Kompasiana dapat terlaksana dengan baik, karena pihak GKJ merasakan ’sesuatu’ banget untuk bisa mencerahkan semua warga dalam membina kehidupan berkeluarga dan bergereja di era modern ini.

Kemudian, minggu lalu, hari Minggu tanggal 3 jni 2012, IDKita Kompasiana bertandang ke Majelis Gereja setelah kebaktian. Diwakili oleh Valentino, aku dan papaku, kami berbicara tentang apa dan bagaimana program ini dapat terlaksana. Mereka menyambut baik dan mereka akan memberikan jawaban segera, secara bulan2 ini memang sudah penuh, bukan hanya karena bulan libur bagi anak2 dan remaja, tetapi juga karena. Tanggal 26 Juni adalah ulang tahun GKJ Eben Haezer, sehingga sudah banyak kegiatan2 sampai Juli nanti.

Baja Juga :  Talkshow Publik: Pemanfaatan TIK di Mall Taman Anggrek

Berita di Warga Gereja tentang jadwal program ini, untuk bulan juni 2012.

Hari Minggu tanggal 10 Juni 2012, Majelis Gereja minta IDKita Kompasiana, diwakili oleh Valentino untuk mengadakan perkenalan dengan seluruh jemaat Gereja setelah kebaktian, jam 9.00. Ketika Pendeta selesai berkotbah dan berdoa, sebelum menutup kebaktian, Valentino dipanggil untuk memberikan sepatah dua patah kata sekirar 10 – 15 menit. Dan Valentino menyelesaikan tugasnya dengan baik. Beberapa jemaat yang duduk di sebelah2 kami, mengatakan bahwa perkenalan yang diberikan oleh Valentino sangat apik dan membuat keingintahuan banyak orang semakin meningkat dan mereka mengatakan bahwa mereka akan datang bila sudah waktunya presentasi.

Valentino dalam perkenalan program2 IDKita Kompasiana dan sosialisasi presentasi dan dialog interaktif untuk minggu2 selanjutnya.

Tim IDKita Kompasiana Jakarta harus mempersiapkan diri untuk kelancaran program ini. Apalagi, materi dialg interaktif untuk remaja, yang akan dibawakan oleh Valentino, akan memberi rangsangan bagi remaja2 Gereja untuk terus memberikan yang terbaik bagi mereka sendiri sebagai generasi muda bangsa, serta di hadapan Tuhan khususnya. Walaupun remaja2 Gereja ini sudah di didik dengan baik dalam iman kepada Tuhan, bukan tidak mungkin mereka juga bisa terjerumus dengan ‘Internet yang tidak sehat’, bukan? Sehingga mereka juga perlu dibekali dengan baik, mana2 yang sesuai dengan keinginan Tuhan untuk mereka dan mana2 yang tidak berkenan di hadapan banyak orang dan di hadapan Tuhan khususnya.

Bahkan, beberapa jemaat setelah kebaktian selesai dan bersalam2an, mengatakan bahwa mereka sangat tertarik dan ingin mengikuti dialog interaktif dengan remaja2 mereka. Dan kami menyambut baik jika orang tua ingin ikut dan ingin tahu, seberapa jauh kehidupan remaja mereka yang terlibat internet, bukan hanya dampak2 positifnya saja tetapi juga dampak2 negatifnya. Dan Valentino adalah orang yang paling tepat untuk berdialog, karena dia bukan hanya sangat mengerti ( karena memang dia sering menadakan riset tentang ini ), tetapi juga dia adalah salah satu ahli IT yang sangat kompeten untuk menjawabdan berdialog dengan remaja, secara kami, kaum ibu2 ( seperti aku, mba Aulia, mba Vema, mba Ella atau yang lainnya ) sudah merupakan ‘produk lama’ walau kami tidak gaptek2 amat sih …..

Baja Juga :  Ikuti IWIC ke 8: Jika Memiliki Ide Kreatif dan Inovatif

Semangat kami bertambah ketika respon warga Gerejaku benar2 baik. Sampai sekarang pun, teman2 Gerejaku itu masih bbm denganku untuk bertanya2 tentang program ini. Aku katakan, pada waktunya akan banyak materi yang aka kami presentasikan, walaupun aku tetap menjawab semua pertanyaan mereka dengan terbatas.

Jadi, minggu ini teman2 yang mau untuk terjun langsung sebagai sukarelawan IDKita Kompasiana, silahkan melihat jadwal dibawah ini untuk datang ke sana langsung, atau untuk datang ke rumahku hari  Sabtu sore dalam bertemu dengan kami semua untuk acara hari Minggunya.

Jadwal presentasi IDKita Kompasiana di GKJ Eben Haezer, Pasar Minggu, sebagai berikut :
1. Perkenalan di depan jemaat Gereja- Minggu, 10 Juni 2012, jam 9.002.

2. Dialog Interaktif di kebaktian remaja ruang Firdaus – Minggu, 17 Juni 2012, jam 7.00 – 8.00

3. Presentasi jemaat dan orang tua – Minggu, 7 Juli 2012, jam 9.00 – selesai

Tetap semangat, untuk masa depan anak2 dan remaja sebagai generasi bangsa Indonesia …..

Salamku …..

Ditayang di Kompasiana.com : 11 June 2012 | 06:44

Choose your Reaction!